Mengenal terapi Hijamah (bekam); titik, darah, dan manfaatnya

Mengenal terapi Hijamah (bekam)

Terapi ini sudah cukup dikenal diberbagai kalangan, baik tua maupun muda. Umumnya masyarakat menyebutnya dengan sebutan bekam. Sebagian pegiat bekammer menyebutnya dengan oxydant drainage therapy atau disingkat ODT, penyebutan seperti ini sedikit banyak mempengaruhi rasa keingintahuan banyak orang untuk mencoba terapi bekam / ODT. Sebagian lagi pegiat bekam menyebutnya dengan terapi hijamah, diambil dari hadis Rasulullah tentang pengobatan yang dianjurkan, yang menggunakan bahasa hijamah yang tak lain merupakan bekam. Apa saja manfaatnya, mari kita sejenak Mengenal terapi Hijamah (bekam).

Mengenal terapi Hijamah (bekam)

Mengenal terapi Hijamah (bekam)

Singkatnya terapi ini sudah dikenal sejak zaman dulu, yaitu kerajaan Sumeria, kemudian terus berkembang sampai Babilonia, Mesir Kuno, Saba, dan Persia. Pada zaman Nabi Muhammad peace be upon him, tanduk kerbau / sapi, tulang unta, dan gading gajah digunakan sebagai alat terapi bekam. kalau sekarang sudah menggunakan kaca sintetis yang tak mudah pecah. Sejarah lengkapnya dapat anda baca di <a href=”https://id.wikipedia.org/wiki/Bekam”>Wikipedia</a> 😀

Mengenal terapi Hijamah (bekam)Terapi Hijamah terbagi dalam 2 jenis, yang pertama adalah bekam kering, yaitu dengan cara menghisap kulit menggunakan cupping bekam tanpa membuka pori-pori kulit selama beberapa menit kemudian dilepas. Sederhana, cukup dengan kertas yang dibakar didalam gelas lalu ditempelkan kepermukaan kulit yang ingin dibekam. Lebih baik lagi jika menggunakan cupping bleed / cupping bekam. Dan yang kedua adalah bekam basah. perbedaan hanya pada tahap pembukaan pori-pori kulit, apakah menggunakan sayatan pisau, atau jarum bekam. Mengenai hasil, sayatan pisau lebih efektif, namun cukup beresiko dan membutuhkan waktu lebih lama dalam proses penyembuhan luka. Lebih disarankan menggunakan jarum bekam yang tidak meninggalkan bekas luka.

Bagaimana mekanisme terapi bekam mengeluarkan penyakit ? barangkali sering kita dengar dengan istilah penyebutan ‘darah kotor’, yang mana hal ini cukup bertentangan dengan medis modern. Singkatnya, apa-apa saja yang tubuh kita serap, mulai dari makanan, air, udara dan sebagainya yang tidak bisa diterima oleh tubuh dinamakan sebagai ‘oksidan’ yang masuk dan menempati titik-titik meridian yang ada ditubuh kemudian menyebabkan titik meridian tersebut terasa sakit. Oleh karena itu, perlu dilakukan terapi bekam pada titik meridian yang diperlukan untuk mengeluarkan oksidan sebagai sumber penyakit.

Mengenal terapi Hijamah (bekam)

Apa saja manfaat terapi bekam ? rinciannya sangat banyak, mulai dari berbagai macam penyakit, selengkapnya dapat anda browsing di mbah google, atau membeli buku mengenai terapi bekam / hijamah. Titik bekam terbaik setahu saya terdapat pada 2 tiitk, yaitu ubun-ubun dan tiitk kahil (di bawah leher / tengkuk).


Mengenal terapi Hijamah (bekam)

Dari pengalaman saya sampai sekarang, saya menemukan beberapa kasus pasien yang sembuh dengan perantara terapi bekam, yang mana penyakit yang diderita bukan penyakit yang biasa, seperti : stroke, kanker, jantung, dan lain-lain. Apalagi biayanya yang cukup terjangku oleh berbagai kalangan yang membuat pengobatan terapi bekam ini cukup diminati.

Waku bekam terbaik yaitu pada pertengahan bulan hijriah, dimana pada saat tersebut bulan sangat dekat dengan bumi sehiingga mempengaruhi gaya gravitasi bumi. Lebih rincinya pada tanggal 12, 13, dan 14 hijriah.

Tidak hanya menyembuhkan penyakit fisik, terapi hijamah juga dapat mengobati penyakit non fisik seperti gangguan jin, yang memasuki tubuh manusia melalui pembuluh darah. Terapi bekam sangat baik dikombinasikan dengan herbal dan madu.

Jika anda tertarik dan penasaran, kami dapat memfasilitasi terapi hijamah / bekam, info lebih lanjut silahkan hubungi <strong>0821-4912-9880</strong> (WA,SMS,Telpon).

Silahkan share jika bermanfaat 🙂


Web Developer, Designer, Bekammer, Teknisi Laptop, and many more :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *